Wednesday, 12 August 2015

Tutorial Dompet Velcro Simpel


Saya pengen belajar menjahit dompet. Cari-cari inspirasi di Pinterest, nemu tutorial dompet velcro ini. Sejauh pengembaraan saya berburu tutorial, dompet velcro ini yang paling gampang dibuat. Cocok untuk pemula dan masih belajar seperti saya. Bisa juga dibuat bareng anak-anak.

Bahan:
1. Satu lembar kain felt ukuran 25 cm x 12,5 cm.
2. Satu lembar kain katun ukuran 25 cm x 12,5 cm.
3. Velcro/perekat 10 cm
4. Bisban/bias tape
5. Benang jahit yang warnanya sesuai, jarum pentul dan gunting.
6. Mesin jahit dan setrika
 

Lama Pengerjaan: 30 menit

Level: Mudah.


Gunting kain felt dan katun, ukurannya sama. Kalau beli potongan kain felt kotak ukuran 25x25 cm, tinggal dibagi dua.


Lipat ke dalam tepi kain katun, kira-kira 1 cm. Setrika agar rapi.


Tumpuk kain katun, permukaan bagus menghadap ke luar. 
Jelujur dengan jarum pentul agar tidak bergeser.

 

Jahit tindas dekat dengan tepi kain katun.


Pasang bisban/bias tape di dua tepi kain yang lebih pendek.


Di sini saya mendapat masalah... :D
Ternyata bisban yang saya beli salah, dari bahan satin. Seharusnya pakai bisban katun saja agar mudah jahitnya. Bisbannya juga harusnya yang bisa dipasang di dua sisi, bukan cuma seperti pelapis pita saja.


Akhirnya saya membuat bisban sendiri dari kain polos yang saya punya: oxford dan blacu. Ukurannya 4x15 cm. Caranya dengan melipat kain memanjang menjadi dua, setrika. Kemudian lipat lagi dua tepi ke dalam, setrika.


Jahit tindas bisban/bias tape.


Lipat kain membentuk dompet. Sematkan velcro sesuai ukuran dompet yang dikehendaki. Dicoba-coba saja sampai pas.


Jahit velcro dengan benang yang sesuai. Ternyata menjahit velcro ini mudah. Saya tadinya khawatir bakal sesusah menjahit bias tape, tapi ternyata lancar jaya :D Hanya saja, di setiap ujung harus dijahit dobel (maju mundur sedikit) agar jahitan kuas dan tidak lepas.


Begini hasilnya. Setelah posisi velcro oke, jahit tepi kain felt dengan benang yang sesuai.



Jadi deh. Udah gitu doang ;)


Buat lagi yang lebih banyak...


Semakin banyak latihan akan semakin lurus jahitannya. Harapan saya sih :p


Dompet sederhana ini bisa untuk menyimpan macam-macam. Salah satunya untuk menyimpan earphone yang sering hilang :p


Atau punya kartu keanggotaan apapun yang menuh-menuhin dompet utama? Ini saya banget karena nggak mau ketinggalan diskon apapun :)) Dompet tebal bukan karena ada uangnya tapi kebanyakan kartu anggota. Udah, pindahin aja!

Punya koleksi kartu nama dari hasil networking tapi bingung mau disimpan di mana? Mungkin kamu perlu bikin dompet gampang ini, lima sekalian.



Dompet velcro ini bisa juga buat simpan koin. Atau uang untuk kerikan. Atau jimat.


Buat nyimpen uang kertas juga boleh. Apa aja lah asal muat.


Ini buatan Little A juga mau ikut nampang :)
Jahitannya sudah cukup bagus lho. Little A jahit jelujur dengan tangan dulu untuk membantu pasang bisban. Sementara pasang velcro, dia sudah lancar.


Gampang? Ayo buat sekarang, seru-seruan jahit bareng anak-anak.
Selamat mencoba :)

~ Emak Ade

Inspirasi: http://seekatesew.com/velcro-wallet-tutorial

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...