Friday 31 July 2015

Tutorial: Satu Bandana Dua Gaya


Setelah sukses membuat scrunchie (ikat rambut) dan rok sendiri, kali ini Little A mencoba menjahit bandana. Ide, pola dan tutorial bandana bolak-balik ini saya dapatkan dari blog Jess. Tersedia pola untuk dewasa dan anak-anak. Kami membuat yang untuk anak-anak. Ukurannya pas banget untuk Little A, 7 tahun. Kami mengerjakannya berdua. Little A menggunting pola pada kain dan menjahit lurus. Saya yang memasukkan elastik, jahit tindas dan menyambungkan bandana dengan elastiknya. Pola bisa diunduh gratis di sini

Bahan:
- Dua lembar kain katun beda motif, masing-masing 6x35 cm
- Dua lembar kain katun untuk penutup elastik (bisa sama atau beda motif), 4x30 cm
- elastik lebar 2cm, panjang 15 cm
- perlengkapan menjahit

Lama pengerjaan: 30 menit
Level: mudah

Cara Membuat:
Siapkan kain, lipat jadi dua. Cetak dan gunting pola dari blog Jess dan gunting kain mengikuti pola. Tidak perlu dilebihkan untuk jahitan.


Kalau kain dibuka, hasilnya seperti ini.


Tumpuk dua kain jadi satu, bagian bagus di dalam. Jahit mengikuti pinggiran kain. Agar kain tidak meleset atau bergeser, gunakan bantuan jarum pentul atau tusuk jelujur.


Be careful little fingers :)


Setelah dijahit, balikkan kain. Pakai alat bantu seperti spidol dengan tutup atau sumpit untuk memudahkan membalik kain. Sekarang bagian yang bagus sudah terlihat di luar.


Jahit tindas dua tepi kain untuk bandana. Pembungkus elastik tidak perlu dijahit tindas.


Masukkan elastik dengan bantuan peniti. Jangan lupa mengunci ujung satunya dengan peniti.


Jahit dua ujung pembungkus elastik dengan jahitan zig-zag agar kuat.


Sambungkan ujung bandana dengan elastiknya. Masukkan ujung elastik ke ujung bandana, lipat kainnya agar rapi. Jahit zig-zag agar lebih kuat.


Dan... selesai. Bandana siap dipakai untuk bergaya.


Tip:
- bagian paling sulit adalah menyambungkan bandana dengan kain pembungkus elastik. Memakai elastik yang lebih kecil dan memilih kain pembungkus dari katun yang tipis bisa membantu, agar elastik bisa masuk ke ujung bandana.
- bandana juga bisa dibuat tanpa pembungkus elastik, lebih gampang buatnya. Tinggal pakai elastik (lebar 2cm) yang warna-warni. Langsung sambungkan elastik dengan ujung bandana.


Gimana, lumayan gampang kan? Selamat mencoba ya.

~ Emak Ade

Inspirasi: 
http://www.happytogetherbyjess.com/double-sided-fabric-headband-pattern 
http://craftsnob.com/2013/12/diy-headband/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...